Kamis, 20 Januari 2011

Penyakit Hati : Kibr



Dalam  suatu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, rasulullah menjelaskan bahwa kibr pada hakikatnya adalah menganggap kebenaran sebagai sebagai suatu ketololan dan memandang remeh orang lain.
Kibr adalah dosa hati sebelum ia menjadi dosa anggota badan. Maknanya, bisa saja orang yang tampak tawadhu’, tetapi karena di hatinya ada unsur kibr, jadilah ia seorang mutakkabir (sombong). Atau sebaliknya, orang yang tampak sombong, selalu berbicara dengan suara yang lantang, tetapi karena di hatinya tidak ada unsur kibr, maka ia pun bukan termasuk mutakabbir.
Contoh dari hati yang terkena kibr adalah sebagai berikut : saat merasa lebih benar dan lebih baik dari orang lain, menganggap orang lain tidak pintar, atau bisa saja tidak menganggap diri sendiri pintar, tetapi menganggap orang lain lebih bodoh daripada dirinya.
Para ulama menyebutkan, jika perasaan lebih baik dari pada orang lain ini hanya disimpan di dalam hati, itulah kibr. Sedangkan jika ditampakkan dengan sikap atau perbuatan, maka itu adalah takabbur.
7 perkara yang mungkin dimiliki oleh seseorang dan bisa membuatnya sombong.
1. Ilmu
2. Amalaan
3. Nasab atau keturunan
4. Wajah yang rupawan
5. Kekuatan (fisik ataupun kekuasaan)
6. Pengikut (teman, golongan, banyaknya pengikut).
Sumber : Majalah Ar-Risalah Edisi 62 Th. VI Rajab – Sya’ban 1427 H / Agustus 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar