Selasa, 19 Oktober 2010

Mereka Menang Karena Pantang Menyerah ! -1

Match 1 : Garry Kasparov ,  “The Chessmaster”
Kiri : Kasparov, Kanan : Karpov


Kejuaraan Catur Dunia 1984
Kejuaraan catur dunia tahun 1984 mempertemukan sang penantang berusia 22 tahun Garry Kasparov dan sang  juara bertahan Anatoly Karpov untuk memperebutkan gelar Juara Dunia Catur. Pada pertandingan ini, pemenangnya ditentukan dengan siapa yang dapat memperoleh angka 6 terlebih dahulu (menang mendapat 1 poin, draw atau remis mendapat poin 0).
Pada 9 game awal, sang senior Karpov sudah unggul 4-0 atas Kasparov ( Karpov menang 4 kali dan 5 kali seri/remis). Para pengamat catur pun memprediksi bahwa karpov akan memenangkan kejuaraan tak lebih dari 18 game. Tetapi, Kasparov membuat kejutan dengan secara brilian mampu menahan imbang Karpov dalam 17 game berikutnya. Pada game ke 27 Karpov memperbesar kedudukan menjadi 5-0, sehingga hanya perlu 1 kemenangan lagi untuk mempertahankan gelarnya.
Kasparov masih mampu menahan kemenangan Karpov hingga game ke 31, dan akhirnya Kasparov memperoleh kemenangan pertamanya, skor menjadi 5-1. Game berikutnya Kasparov dapat menahan imbang Karpov sampai 15 game, yaitu sampai game ke 46. Kasparov semakin cemerlang dengan meraih 2 kemenangan beruntun pada game ke 47 dan ke 48, skor pun memanas menjadi 5-3 untuk keunggulan Karpov. Pertandingan selanjutnya dihentikan oleh ketua FIDE saat itu, Florencio Campomanes dengan alasan stamina kedua pemain telah sangat menurun. Karpov sendiri sempat harus dirawat di rumah sakit. Sampai pada game ke 48 ini, pertandingan sudah berlangsung selama 5 bulan. Pertandingan dilanjutkan beberapa bulan kemudian.
Kejuaraan Catur Dunia 1985
Pertandingan ulang antara Kasparov dan Karpov yang terhentikan pada tahun lalu. Pada pertandingan putaran kedua antara Karpov-Kasparov di tahun 1985 ini, diberlakukan standar baru di mana pemain yang terlebih dahulu mencapai poin 12.5 atau lebih, dalam 24 pertandingan akan dinyatakan sebagai pemenang. Bila pertandingan berakhir dengan draw 12-12 maka gelar juara dunia akan tetap dipegang oleh Karpov sebagai juara bertahan. Kasparov memenangkan pertandingan putaran kedua ini dengan mengalahkan Karpov 13-11, tepat pada game ke 24 dengan menggunakan bidak hitam. Kasparov pun dinobatkan sebagai juara catur termuda di dunia pada usia 22 tahun.

Mereka Menang Karena Pantang Menyerah !
Match 1: Garry Kasparov "The Chessmaster"
Match 2 : Manchester United " We are The Treeble Instant Generation"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar